TUGAS SOFTSKILL (KEWIRAUSAHAAN)

WENNY OCTORA

32209778

2 DD 04

Dosen : Joko Utomo

1. Jelaskan peranan kewirausahaan bagi pembangunan ekonomi suatu negara! Jelaskan pula bagaimana peranan kewirausahaan bagi pembangunan di Indonesia !…

Kewirausahaan

•          Yakni proses mengkreasikan sesuatu dengan menambahkan nilai yang didukung komitmen pada tim dan usaha, memperkirakan kemungkinan finansial, fisik, dan resiko sosial dan menerima hasil berupa finansial, kepuasan dan kebebasan pribadi.

Peranan kewirausahaan dalam perkembangan ekonomi

•          Peranan tidak hanya sekedar meningkatkan pendapatan perkapita tapi juga memicu dan mundukung perubahan struktur masyarakat dan bisnis.

•          Dalam hal ini pemerintah dapat berperan sebagai inovator. Pemerintah akan bergerak sebagi pelindung dalam memasarkan hasil teknologi dan kebutuhan sosial.

Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik dan banyak pula yang menganggur, maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan. Wirausaha merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha itu sendiri.

Semenjak negara kita dilanda krisis ekonomi, masyarakat berusaha dengan berbagai cara untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Pedagang kaki lima semakin bertambah banyak, warung-warung tenda bertebaran demi untuk mendapatkan rezeki. Bagaimana tidak, anggota keluarga dan kepala keluarganya tetap membutuhkan pemenuhan kebutuhan. Angka putus sekolah semakin banyak, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kerap terjadi, jadi pegawai/ karyawan swasta susah apalagi pegawai negeri. Sekarang Anda mungkin belum merasakan susahnya mencari uang, tetapi pada tahun-tahun yang akan datang Anda akan merasakannya. Mencari uang memang susah, sementara untuk membelanjakannya sangat gampang. Tak heran banyak orang yang melakukan kejahatan. Dari sini latar belakang mengapa Anda perlu belajar berwirausaha, walaupun di antara Anda mungkin ada yang sudah bisa bekerja untuk memperoleh uang.

Dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas, kita ditantang bukan hanya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang siap bekerja , melainkan juga harus mampu mempersiapkan dan membuka lapangan kerja baru. Membuka dan memperluas lapangan kerja baru merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. ( Ating Tedjasutisna, 2000:9)

Sekarang ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausaha Indonesia masih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat. Kurangnya wirausaha Indonesia karena masyarakat Indonesia pada umumnya belum mengetahui gambaran umum mengenai wirausaha dan apa sebenarnya fungsi dan peran wirausaha dalam pembangunan Indonesia. Karena itu perlu adanya pengenalan mengenai fungsi dan peran wirausaha dalam konteks lokal agar jiwa wirausaha dapat ditumbuhkan dalam masyarakat. Dengan demikian, persoalan pembangunan wirausaha di Indonesia yang merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan dapat diatasi.

2. Uraikan jenis usaha yang akan anda jalankan ! uraikan juga alasan mengapa anda memilih jenis usaha tersebut !…

Jika nanti saya akan menjalankan suatu bisnis atau berkewirausahaan, saya berencana akan membuat sebuah “CAFETARIA”. Dengan konsep yang unik dari menu makanan/minumannya maupun place(ruang) sehingga dapat menarik banyak minat konsumen. Karena saya senang sesuatu hal yang berbau dengan alam atau pemandangan yang indah, maka saya ingin membuat café dengan mengaplikasikan suasana alam yang asri, yaitu dengan konsep outdorr,misalnya menghadirkan air terjun kecil, taman-taman dengan bunga-bunga yang indah dan segar, kolam ikan, dan dipadukan dengan interior yang modern dan warna-warna yang cerah sehingga membuat kenyamanan, keharmonisan dan kegembiraan para konsumen, dan untuk menarik hati para pengunjung hingga selalu menjadikan café yang saya miliki sebagai tempat favorite untuk dikunjungi berkumpul bersama teman, sahabat, pacar maupun keluarga. Dan menu-nya pun standar hotel berbintang,siap saji, tetapi harga tetap terjangkau untuk kalangan kecil menengah. Lokasi yang saya pilih pun juga harus strategis, misalnya di pusat kota Jakarta(kemang) untuk mendukung keramaian para pengunjung. Dan saya juga ingin tidak hanya satu tempat café yang saya miliki,  dengan membuka cabang-cabang/outlet diberbagai daerah.

About wennyocto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: