Tugas Ke-3 Softskill 2DD04..

WENNY OCTORA

32209778

2 DD 04

Dosen (Joko Utomo)

Tugas 2 Soft skill 2DD04

Jawablah pertanyaan berikut dengan lengkap !

1. Dari jenis usaha yang anda rumuskan pada tugas 1 buatlah :

a. Perencanaan keuangan dari usaha yang akan saudara dirikan

b. Bentuk kepemilikannya

c. Rencana Pemasaran yang meliputi : kondisi pasar, kondisi pesaing, bentuk kegiatan promosi yang akan   dilakukan dan hal hal lain yang dibutuhkan untuk memasarkan produk anda.

ANSWERING :

1. a) Perencanaan keuangan usaha saya..

Merumuskan rencana keuangan dsb ;
RENCANA KEUANGAN USAHA “CAFÉTARIA”

Bagi Saya yang ingin membuka suatu usaha namun disini memiliki kendala modal maka saya membuat proposal usaha untuk ditawarkan kepada investor atau penyandang modal, pihak bank dan lembaga keuangan. Keuntungan yang diperoleh jika kita mampu menyusun proposal adalah :

a.Investor atau bank dapat memahami dengan baik usulan usaha yang ditawarkan.

b.Investor atau bank dapat memberikan penyertaan modal atau pinjaman yang diperlukan.
c.Memperoleh kesempatan mengembangkan usaha ke skala yang lebih besar.
d.Mendapatkan calon relasi usaha yang lebih luas.

Analisis Permintaan-Penawaran dan Persaingan Usaha.

Kelangsungan suatu kegiatan usaha bergantung kepada adanya kebutuhan atau permintaan atas barang dan jasa. Untuk mengetahui kebutuhan konsumen atau permintaan, diperlukan survei atau observasi (pengamatan). Survey dimaksudkan untuk mengumpulkan data dan informasi di lapangan yang berhubungan dengan bidang usaha yang akan dijalankan, sehingga ditemukan hal-hal yang memungkinkan tumbuh berkembangnya kegiatan ekonomi baru. Berikut contoh pengumpulan data untuk membuka suatu jenis usaha di suatu lingkungan perumahan tertentu. Misalkan kita ingin membuka toko barang kebutuhan sehari-hari maka sebaiknya  dilakukan pengumpulan data untuk dilakukan perhitungan-perhitungan sebagai  berikut :
– Jumlah KK 3000

– Pendapat rata-rata/per bulan per KK Rp 30.000.000,00

– Prosentase biaya hidup dibandingkan pendapatan adalah 80 % atau Rp 3.000.000,00

– Rata-rata biaya hidup utama (beras, lauk-pauk, sandang dll) adalah 60 % dari Total biaya hidup 0.6 x Rp 3.000.000 = Rp 1.800.000,00

– Pendapatan yang dibelanjakan di lingkungan sendiri adalah 25% dari biaya  hidup utama atau 25% x Rp 1.800.000,00 = Rp 450.000,00

Data itu menghasilkan kemungkinan belanja di lingkungan sendiri, misalnya 40% kepada Supermarket (bahan-bahan) dan sisanya 60% ke toko kebutuhan hidup sehari-hari atau sebesar 0,6 x Rp 450.000,00 = Rp 270.000,00 karena itu, potensi permintaan kebutuhan hidup utama sehari-hari yang dapat dipenuhi melalui belanja toko adalah Rp 270.000,00. Per KK per bulan.

Selain itu perlu pula pengamatan atas kedua toko yang ada di kawasan tersebut dengan mengetahui besarnya nilai dagangan kemampuan jual serta karakter pembeli (misalnya barang yang laku dan yang kurang laku). Jika hasilnya menunjukkan hanya sebagian kecil potensi permintaan yang telah digarap atau kita yakin bahwa kita dapat bersaing dengan toko yang sudah ada, maka masih terdapat peluang membuka usaha baru yang menjual kebutuhan hidup sehari-hari.

  • Bentuk Kepemilikannya :

Hal yang perlu diterangkan, adalah lokasi usaha, bisa dengan cara membuat gambar peta lokasi usaha secara kasar, termasuk status kepemilikan.

Seperti :

1. Lokasi didirikannya “CAFÉ” = Kemang Raya, Jakarta Selatan

2. Tanah yang dipakai untuk dibangunnya CAFÉ tersebut = Milik Sendiri

  • Rencana dan Bentuk Pemasaran :

Apabila ingin membuat rencana pemasaran maka hal terpenting yang harus dijelaskan minimal mencakup 4 aspek meliputi produk yang akan dibuat atau dijual, harga berapa produk tersebut akan dijual, promosi yang akan dilakukan dan di mana serta ke mana produk tersebut akan dipasarkan atau sering disebut dengan istilah saluran distribusi. Rencana pemasaran dalam jargon pemasaran dikenal sebagai Marketing Mix (Bauran Pemasaran) yang terdiri dari 4 P :
Product (Menu makanan & minumannya harus jelas)

Price (Per-Porsi makanan/minuman/per-paket) = Rp 15.000,-

Promotion = Membuat Spanduk/brosur-brosur dan tersedia paket makanan/minuman dengan harga yang terjangkau.

Place = Membuat tempat dan ruang dalam CAFÉ yang unik, nyaman dan menarik sehingga banyak peminat untuk datang ke CAFÉ kami.

Kondisi Pesaing = Saya rasa memang banyak sekali pesaing di daerah strategis untuk usaha “café” ini, tapi dengan strategi dan taktik yang disusun secara baik akan mengurangi hambatan untuk bersaing di dunia wirausaha ini…

About wennyocto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: