Tugas Softskill Ke-4 ~ 2DD04

WENNY OCTORA

32209778

2 DD 04

Dosen ( Joko Utomo)

Tugas 3 softskill 2DD03-04 Thursday, October 14, 2010 1:53 PM
1. Dari usaha yang akan anda dirikan, identifikasilah kebutuhan SDM bagi usaha anda! meliputi : keahliannya, pendidikannya serta pengalaman kerjanya. Jelaskan pula metode recruitmen yang anda gunakan !
2. Masih dari usaha yang akan anda dirikan, susunlah perencanaan bentuk organisasinya. Gambarkan juga struktur organisasi dari usaha yang akan anda dirikan !
Trims, selamat bekerja.

Answering~

1. Usaha yang saya pilih adalah membuat usaha suatu Cafe di daerah Jakarta Selatan.

Dimana menurut Umar (2004), keperluan tenaga kerja dapat ditentukan melalui preses perencanaan yang meliputi 3 macam yaitu : Top-Down Planning (TDP) merupakan rencana menyeluruh dari organisasi, baik untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang, dimana TDP ini berkaitan erat dengan pengangguran dan pembiayaan. Yang kedua Bottom Up Planning (BUP) merupakan proses perencanaan (SDM) yang dimulai dari kelompok terkecil memperkirakan kebutuhan SDM untuk tahun berikutnya dalam mencapai target. Sedangkan yang ketiga adalah perencanaan dengan ramalan / perkiraan persediaan SDM cenderung tidak statis dan bahkan dipengaruhi oleh arus SDM masuk dan keluar.

Kebutuhan SDM

ü  Menurut Keahliannya : Sangat diperlukan para pekerja/SDM yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang pelayanan dalam mengantar pesanan makanan/minuman (waiters) maupun bagian dapur (memasak).

Karena tanpa adanya tangan-tangan dari SDM yang mempunyai keahlian khusus tersebut usaha cafe ini tidak akan dapat berjalan.

ü  Menurut Pendidikan dan pengalaman kerjanya : Untuk kelancaran usaha cafe ini, dibutuhkan SDM dengan latar belakang pendidikan minimal SMK/SMU dengan intensitas usia diatas 17 dan dibawah 35 tahun. Sedangkan dalam pengalaman kerjanya, menurut saya hanya ditentukan dari keberhasilan trainingnya dalam 3hari sebelum pekerja tersebut ditetapkan sebagai karyawan dalam usaha cafe yang saya muliki.

Metode Rekruitmennya : Pentingnya diklat bagi pengembangan SDM adalah setiap organisasi atau usaha yang ingin berkembang, maka Diklat untuk karyawan harus memperoleh perhatian utama. Hal ini disebabkan bahwa SDM atau karyawan menduduki suatu jabatan dalam organisasi, belum tentu mempunyai kemampuan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi/peralatan yang digunakan.

2. Susunan Perencanaan Bentuk Organisasi/Usaha yang didirikan :
Pembagian departemen atau unit pada struktur organisasi/usaha dapat dibagi menjadi 3 (tiga) macam :

1. Departementalisasi Menurut Fungsi

Pada pembagian ini orang yang memiliki fungsi yang terikat dikelompokkan menjadi satu. Umum terjadi pada organisasi/usaha kecil dengan sumber daya terbatas dengan produksi lini produk yang tidak banyak. Biasanya dibagi dalam bagian keuangan, pemasaran, umum, produksi, dan lain sebagainya.

2. Departementalisasi Menurut Produk / Pasar

Pada jenis departementalisasi ini orang-orang atau sumber daya yang ada dibagi ke dalam departementalisasi menurut fungsi serta dibagi juga ke dalam tiap-tiap lini produk, wilayah geografis, menurut jenis konsumen, dan lain sebagainya.

3. Departementalisasi Organisasi Matrix / Matriks

Bentut organisasi matriks marupakan gabungan dari departementalisasi menurut fungsional dan departementalisasi menurut proyek. Seorang pegawai dapat memiliki dua posisi baik secara fungsi maupun proyek sehingga otomatis akan memiliki dua atasan / komando ganda. Proyek biasanya diadakan secara tidak menentu dan sifatnya tidak tetap.

About wennyocto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: